Diberdayakan oleh Blogger.

MENGAPA KITA MENDERITA (SAKIT)

Rabu, 04 November 2009

Pendahuluan:
Tidak semua penderitaan sebagai akibat dosa, dan tidak semua penderitaan bukan karena dosa. Penderitaan memiliki beberapa aspek yang harus kita mengerti sesuai dengan konteks dan latar belakangnya:

1. PENDERITAAN KARENA DOSA
    -Karena berbuat jahat:   
Rom 2:9  Penderitaan dan kesesakan akan menimpa setiap orang yang hidup yang berbuat jahat, pertama-tama orang Yahudi dan juga orang Yunani,
    -Karena mengabaikan Tuhan:
2Taw 21:12  Lalu sampailah kepadanya sebuah surat dari nabi Elia yang bunyinya: "Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Karena engkau tidak hidup mengikuti jejak Yosafat, ayahmu, dan Asa, raja Yehuda,
2Taw 21:13  melainkan hidup menurut kelakuan raja-raja Israel dan membujuk Yehuda dan penduduk-penduduk Yerusalem untuk berzinah, sama seperti yang dilakukan keluarga Ahab, dan juga karena engkau telah membunuh saudara-saudaramu, seluruh keluarga ayahmu yang lebih baik dari padamu,
2Taw 21:14  maka TUHAN akan mendatangkan tulah besar atas rakyatmu, anak-anakmu, isteri-isterimu, dan atas semua harta milikmu.
2Taw 21:15  Dan engkau sendiri akan menderita penyakit yang dahsyat, suatu penyakit usus, hingga selang beberapa waktu ususmu keluar oleh karena penyakit itu."
    -Karena dosa bangsa(pemimpin): rakyat juga menderita.
Markus 13:8  Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan. Akan terjadi gempa bumi di berbagai tempat, dan akan ada kelaparan. Semua itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.
Kejadian 12:3  Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat."
bangsa yang memberkati Israel akan diberkati oleh Tuhan, dan bangsa yang mengutuki Israel akan dikutuk Tuhan


2. PENDERITAAN BUKAN KARENA DOSA
    -Untuk menyatakan pekerjaan Tuhan
Joh 9:3  Jawab Yesus: "Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.
    -Untuk membuktikan bahwa Yesus adalah Tuhan
Joh 9:30  Jawab orang itu kepada mereka: "Aneh juga bahwa kamu tidak tahu dari mana Ia datang, sedangkan Ia telah memelekkan mataku.
    -Untuk menolong murid Kristus supaya tidak sombong
2Kor 4:11  Sebab kami, yang masih hidup ini, terus-menerus diserahkan kepada maut karena Yesus, supaya juga hidup Yesus menjadi nyata di dalam tubuh kami yang fana ini.
2Co 12:7  Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.

3. TUJUAN PENDERITAAN:
    -Iblis =>alat menjauhkan manusia dengan Allah
    -Allah=>sarana menuntun manusia kepada pengharapan
Rom 5:3  Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan,
Rom 5:4  dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.
Rom 5:5  Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading