Diberdayakan oleh Blogger.

HIDUP YANG BERTANGGUNG JAWAB

Jumat, 12 Desember 2014

HIDUP YANG BERTANGGUNG JAWAB

Pengkhotbah 12:14  Karena Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi, entah itu baik, entah itu jahat.

MENGAPA?


1. KARENA KITA AKAN DIADILI:

2Corintus 5:10  Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.
Ibrani 9:27  Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi,
Wahyu 16:7  Dan aku mendengar mezbah itu berkata: "Ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa, benar dan adil segala penghakiman-Mu."

KITA BERHASIL ATAU GAGAL KITALAH PENYEBABNYA
Karena Allah menyediakan keberhasilan bagi kita (Yeremia 29:11)

2. KARENA KITA BEBAS UNTUK MEMILIH:

Kejadian 2:16-17  Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,  tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."
Manusia bukan robot dan tidak seperti mahluk hidup yang lain.
Kejadian 1:28  Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."

3. KARENA KITA BISA BERUBAH:

Kita bisa berubah dari keadaan sekarang kepada keadaan yg kita harapkan
Roma 12:2  Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
Jim Rohn Seorang filsuf bisnis no 1 di Amerika berkata: "Kau harus bertanggung jawab atas kehidupanmu. Kau tidak bisa mengubah keadaan, cuaca, atau angin, tapi kau bisa mengubah diri sendiri."

4. BAGAIMANA CARA SUPAYA KITA BERUBAH?

Berhenti menggunakan model lama:

1. Berhentilah BERDALIH/MENCARI ALASAN
Joh 15:22  Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai dalih bagi dosa mereka!
Rom 1:20  Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.

2. Berhentilah MENYALAHKAN.
Semua sikap menyalahkan hanyalah membuang waktu. Sebanyak apapun kesalahan orang lain yang kau temukan, dan sebanyak apapun kau menyalahkan orang lain, hal itu takkan mengubah keadaanmu.
andalah yg melakukan tindakan, memikirkan, mengambil pilihan, dan membawa anda pada keadaan sekarang.

3. Berhentilah MENGELUH:
KELUHAN juga tidak menghasilkan apa-apa. (Php_4:6)  Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Mulailah menggunakan model baru:
1.Ubahlah pola pikir anda: (Php_4:8)
2.Ubahlah gambaran Anda tentang diri Anda:
(2Co_5:17)  Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.
3.Ubahlah sikap Anda (hal-hal yang Anda lakukan)
Amsal 6:9  Hai pemalas, berapa lama lagi engkau berbaring? Bilakah engkau akan bangun dari tidurmu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading